Kepemimpinan Orang Tua Dalam hal ini akan diuraikan secara berturut-turut tentang (1) pengertian kepemimpinan orang tua, (2) timbulnya kepemimpinan, dan (3) tipe dan ciri-ciri kepemimpinan orang tua.
Kepemimpinan orang tua terdiri dari dua kata yaitu kepemimpinan dan orang tua. Untuk lebih jelasnya berikut ini akan diuraikan masing-masing istilah tersebut akan digabung menjadi satu kesatuan.
Kamis, 30 Desember 2010
Mau aplikasi BUANYAK ? Langsung Aja Ke AppZone.Telkomsel.com
Kali ini saya tidak menulis seperti biasanya, maksudnya saya tidak menulis perangkat mengajar, skripsi, tentang teori biologi maupun kewarganegaraan dan lain sebagainya.
Ada hal menarik yang perlu anda tahu di dunia pendidikan, tidak hanya dunia pendidikan saja ada beberapa yang di tawarkan oleh AppZone.Telkomsel.com seperti bidang agama olahraga, game, gaya hidup, buku dan masih banyak
Rabu, 22 Desember 2010
Ujian Akhir Nasional (UAN)
Pengertian Ujian Akhir Nasional
Ujian Akhir Nasional (UAN) adalah salah satu kegiatan yang dilakukan oleh Dinas Instansi terkait untuk menentukan lulus tidaknya semua peserta didik baik dari SD/MI, SMP/MTs. MA/SMU/SMK yang standar kelulusannya sudah ditentukan oleh BSNP.
Deregulasi Pendidikan Nasional
Deregulasi pendidikan merupakan gagasan pokok yang terkandung dalam peraturan
Ujian Akhir Nasional (UAN) adalah salah satu kegiatan yang dilakukan oleh Dinas Instansi terkait untuk menentukan lulus tidaknya semua peserta didik baik dari SD/MI, SMP/MTs. MA/SMU/SMK yang standar kelulusannya sudah ditentukan oleh BSNP.
Deregulasi Pendidikan Nasional
Deregulasi pendidikan merupakan gagasan pokok yang terkandung dalam peraturan
Kedisiplinan Belajar Siswa
Pengertian Kedisiplinan Belajar.
Arti disiplin bila dilihat dari segi bahasanya adalah latihan ingatan dan watak untuk menciptakan pengawasan (kontrol diri), atau kebiasaan mematuhi ketentuan dan perintah. Jadi arti disiplin secara lengkap adalah kesadaran untuk melakukan sesuatu pekerjaan dengan tertib dan teratur sesuai dengan peraturan-peraturan yang berlaku dengan penuh tanggung jawab tampa
Arti disiplin bila dilihat dari segi bahasanya adalah latihan ingatan dan watak untuk menciptakan pengawasan (kontrol diri), atau kebiasaan mematuhi ketentuan dan perintah. Jadi arti disiplin secara lengkap adalah kesadaran untuk melakukan sesuatu pekerjaan dengan tertib dan teratur sesuai dengan peraturan-peraturan yang berlaku dengan penuh tanggung jawab tampa
Pendekatan Matematika Realistik (PMR)
Pengertian Matematika Realistik
Matematika Realistik (MR) adalah matematika yang disajikan sebagai suatu proses kegiatan manusia, bukan sebagai produk jadi. Bahan pelajaran yang disajikan melalui bahan cerita yang sesuai dengan lingkungan siswa (kontekstual) (Zigma Edisi, 14, 12 Oktober 2007)
Sedangkan pendapat lain mengatakan bahwa Realistic Mathematics Education (PMR) merupakan teori
Selasa, 21 Desember 2010
Model Torso
Model Torso - Mata pelajaran IPA Biologi di SMP mempelajari pola-pola interaksi komponen-komponen yang ada di dalam serta upaya manusia untuk mempertahankan keberadaanya di bumi. Materi IPA di SMP yang sangat kompleks, cenderung abstrak dan begitu dekat dengan kehidupan siswa, menuntut gambaran yang kongkrit serta pengalaman langsung melalui pengamatan, penguraian dan penggolongan objek dengan
Pembelajaran Biologi
Pembelajaran Biologi
Pembelajaran pada hakekatnya adalah proses interaksi antara peserta didik dengan lingkungannya, sehingga terjadi perubahan perilaku ke arah yang lebih baik. Dalam interaksi tersebut banyak sekali faktor yang mempengaruhinya, baik faktor internal yang datang dari dalam diri individu maupun faktor eksternal yang datang dari lingkungan.
Rekayasa pembelajaran guru dan tindak
Pembelajaran pada hakekatnya adalah proses interaksi antara peserta didik dengan lingkungannya, sehingga terjadi perubahan perilaku ke arah yang lebih baik. Dalam interaksi tersebut banyak sekali faktor yang mempengaruhinya, baik faktor internal yang datang dari dalam diri individu maupun faktor eksternal yang datang dari lingkungan.
Rekayasa pembelajaran guru dan tindak
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Biologi
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Biologi
a. Faktor InternDapat berupa intelegensi, perhatian, bakat, minat, motivasi, kematangan, kesiapan.
(1) PerhatianMenurut Al-Ghazali (2001) dalam Slameto (2003) bahwa perhatian adalah keaktifan jiwa yang dipertinggi jiwa itupun bertujuan semata-mata kepada suatu benda atau hal (objek) atau sekumpulan obyek.
(2) Bakat
Menurut
a. Faktor InternDapat berupa intelegensi, perhatian, bakat, minat, motivasi, kematangan, kesiapan.
(1) PerhatianMenurut Al-Ghazali (2001) dalam Slameto (2003) bahwa perhatian adalah keaktifan jiwa yang dipertinggi jiwa itupun bertujuan semata-mata kepada suatu benda atau hal (objek) atau sekumpulan obyek.
(2) Bakat
Menurut
Jual Beli Yang Legal Dalam Hukum Islam
A. Latar Belakang
Allah SWT telah menjadikan manusia masing-masing saling membutuhkan satu sama lain, supaya mereka saling tolong menolong, tukar menukar keeperluan dalam segala urusan kepentingan hidup masing-masing, baik dengan jalan jual-beli, sewa-menyewa, bercocok tanam, atau perusahaan dan lain-lain.
Dalam aktivitas sehari-hari, kita banyak melakukan banyak aktivitas muamalah
Allah SWT telah menjadikan manusia masing-masing saling membutuhkan satu sama lain, supaya mereka saling tolong menolong, tukar menukar keeperluan dalam segala urusan kepentingan hidup masing-masing, baik dengan jalan jual-beli, sewa-menyewa, bercocok tanam, atau perusahaan dan lain-lain.
Dalam aktivitas sehari-hari, kita banyak melakukan banyak aktivitas muamalah
Kamis, 16 Desember 2010
RPP dan Silabus PKN SD
RPP dan Silabus PKN SD, berikut RPP dan Silabusnya
RPP :
RPP PKN Kelas 1
RPP PKN Kelas 2
RPP PKN Kelas 3
RPP PKN Kelas 4
RPP PKN Kelas 5
RPP PKN Kelas 6
Silabus :
Silabus PKN Kelas 1
Silabus PKN Kelas 2
Silabus PKN Kelas 3
Silabus PKN Kelas 4
Silabus PKN Kelas 5
Silabus PKN Kelas 6
RPP :
RPP PKN Kelas 1
RPP PKN Kelas 2
RPP PKN Kelas 3
RPP PKN Kelas 4
RPP PKN Kelas 5
RPP PKN Kelas 6
Silabus :
Silabus PKN Kelas 1
Silabus PKN Kelas 2
Silabus PKN Kelas 3
Silabus PKN Kelas 4
Silabus PKN Kelas 5
Silabus PKN Kelas 6
RPP dan Silabus Penjaskes SD
RPP dan Silabus Penjaskes SD, berikut RPP dan Silabusnya:
RPP
RPP Penjaskes Kelas 1
RPP Penjaskes Kelas 2
RPP Penjaskes Kelas 3
RPP Penjaskes Kelas 4
RPP Penjaskes Kelas 5
RPP Penjaskes Kelas 6
Silabus :
Silabus Penjaskes Kelas 1
Silabus Penjaskes Kelas 2
Silabus Penjaskes Kelas 3
Silabus Penjaskes Kelas 4
Silabus Penjaskes Kelas 5
Silabus Penjaskes Kelas 6
RPP
RPP Penjaskes Kelas 1
RPP Penjaskes Kelas 2
RPP Penjaskes Kelas 3
RPP Penjaskes Kelas 4
RPP Penjaskes Kelas 5
RPP Penjaskes Kelas 6
Silabus :
Silabus Penjaskes Kelas 1
Silabus Penjaskes Kelas 2
Silabus Penjaskes Kelas 3
Silabus Penjaskes Kelas 4
Silabus Penjaskes Kelas 5
Silabus Penjaskes Kelas 6
RPP dan Silabus IPS SD
RPP dan Silabus IPS SD berikut RPP dan silabusnya:
RPP:
RPP IPS Kelas 1,2,3
RPP IPS Kelas 4
RPP IPS Kelas 5
RPP IPS Kelas 6
Silabus :
Silabus IPS Kelas 1,2,3
Silabus IPS Kelas 4
Silabus IPS Kelas 5
Silabus IPS Kelas 6
RPP:
RPP IPS Kelas 1,2,3
RPP IPS Kelas 4
RPP IPS Kelas 5
RPP IPS Kelas 6
Silabus :
Silabus IPS Kelas 1,2,3
Silabus IPS Kelas 4
Silabus IPS Kelas 5
Silabus IPS Kelas 6
RPP dan Silabus IPA SD
RPP dan Silabus IPA SD, berikut RPP dan Silabusnya :
RPP
RPP IPA SD Kelas 1
RPP IPA SD Kelas 2
RPP IPA SD Kelas 3
RPP IPA SD Kelas 4
RPP IPA SD Kelas 5
RPP IPA SD Kelas 6
Silabus
Silabus IPA SD Kelas 1
Silabus IPA SD Kelas 2
Silabus IPA SD Kelas 3
Silabus IPA SD Kelas 4
Silabus IPA SD Kelas 5
Silabus IPA SD Kelas 6
RPP
RPP IPA SD Kelas 1
RPP IPA SD Kelas 2
RPP IPA SD Kelas 3
RPP IPA SD Kelas 4
RPP IPA SD Kelas 5
RPP IPA SD Kelas 6
Silabus
Silabus IPA SD Kelas 1
Silabus IPA SD Kelas 2
Silabus IPA SD Kelas 3
Silabus IPA SD Kelas 4
Silabus IPA SD Kelas 5
Silabus IPA SD Kelas 6
RPP dan Silabus Bahasa Indonesia SD
RPP dan Silabus Bahasa Indonesia SD berikut RPP dan Silabusnya :
RPP :
RPP Bahasa Indonesia Kelas 1A
RPP Bahasa Indonesia Kelas 1B
RPP Bahasa Indonesia Kelas 2A
RPP Bahasa Indonesia Kelas 2B
RPP Bahasa Indonesia Kelas 3A
RPP Bahasa Indonesia Kelas 3B
RPP Bahasa Indonesia Kelas 4A
RPP Bahasa Indonesia Kelas 4B
RPP Bahasa Indonesia Kelas 5A
RPP Bahasa Indonesia Kelas 5B
RPP Bahasa
RPP :
RPP Bahasa Indonesia Kelas 1A
RPP Bahasa Indonesia Kelas 1B
RPP Bahasa Indonesia Kelas 2A
RPP Bahasa Indonesia Kelas 2B
RPP Bahasa Indonesia Kelas 3A
RPP Bahasa Indonesia Kelas 3B
RPP Bahasa Indonesia Kelas 4A
RPP Bahasa Indonesia Kelas 4B
RPP Bahasa Indonesia Kelas 5A
RPP Bahasa Indonesia Kelas 5B
RPP Bahasa
RPP dan Silabus Bahasa Inggris SD
RPP dan Silabus Bahasa Inggris SD, berikut RPP dan Silabusnya :
RPP:
RPP Bahasa Inggris Kelas 1
RPP Bahasa Inggris Kelas 2
RPP Bahasa Inggris Kelas 3
RPP Bahasa Inggris Kelas 4
RPP Bahasa Inggris Kelas 5
RPP Bahasa Inggris Kelas 6
Silabus :
Silabus Bahasa Inggris Kelas 1
Silabus Bahasa Inggris Kelas 2
Silabus Bahasa Inggris Kelas 3
Silabus Bahasa Inggris Kelas 4
Silabus
RPP:
RPP Bahasa Inggris Kelas 1
RPP Bahasa Inggris Kelas 2
RPP Bahasa Inggris Kelas 3
RPP Bahasa Inggris Kelas 4
RPP Bahasa Inggris Kelas 5
RPP Bahasa Inggris Kelas 6
Silabus :
Silabus Bahasa Inggris Kelas 1
Silabus Bahasa Inggris Kelas 2
Silabus Bahasa Inggris Kelas 3
Silabus Bahasa Inggris Kelas 4
Silabus
Rabu, 15 Desember 2010
Tutorial Microsoft Access
Tutorial Microsoft Access ini membahas tentang cara penggunaan Microsoft Access, melakukan update data serta memplajari Prosedur pengoperasian untuk memasuki program Microsoft Access dan masih banyak yang bisa di dapatkan dari tutorial ini
Ruang Lingkup Isi : Software Aplikasi memakai Microsoft AccessProsedur pengoperasian untuk memasuki program Microsoft Access
Mempersiapkan aplikasi
Ruang Lingkup Isi : Software Aplikasi memakai Microsoft AccessProsedur pengoperasian untuk memasuki program Microsoft Access
Mempersiapkan aplikasi
Makalah Power Point
Makalah Power Point ini berisikan tentang cara instalasi Power Point, bagaimana memulai powerpoint, serta membahs secara detail apa yang terdapat pada power point sebagaimana bisa di gunakan untuk persentasi.
Ruang lingkup isi : • Dasar-dasar software presentasi (Power Point)
Instalasi software presentasi (Powerpoint)
Memulai Powerpoint
Create slide, save, open, save as, insert,
Mengoperasikan Perangkat Lunak Lembar Sebar
Ruang lingkup isi :
Mempersiapkan perangkat lunak lembar sebar (Contoh:Ms.Excel,OpenOffice.org Calc)
Mengenali menu lembar sebar
Mengelola dokumen (membuat, membuka, menyalin)
Melakukan editing sederhana lembar sebar meliputi mengetik, memformat (font,alignment, data dan presisi).
Melakukan editing kolom dan baris (menentukan lebar, tinggi, border dan shading)
Menjalankan fitur-fitur
Makalah Microsoft Word
Makalah Microsoft Word ini berisikan tentang pengajaran pada peserta didik agar lebih lancar dalam mengoperasikan perangkat lunak pengolah kata demi medukung arus globalisasi
Ruang lingkup isi : • Mengoperasikan Perangkat Lunak Pengolah KataMempersiapkan Perangkat Lunak Pengolah Kata
Mengenali menu, membuat, membuka, menyimpan dan menutup dokumen
Melakukan editing sederhana, isian
Ruang lingkup isi : • Mengoperasikan Perangkat Lunak Pengolah KataMempersiapkan Perangkat Lunak Pengolah Kata
Mengenali menu, membuat, membuka, menyimpan dan menutup dokumen
Melakukan editing sederhana, isian
Mengoperasikan Periferal
Ruang lingkup isi : Operasional Periferal Mengoperasikan Printer
Mempergunakan perangkat keras dan perangkat lunak untuk memindai dokumen dan gambar
Prasyarat
Untuk mempelajari modul ini, maka unit kompetensi dan pengetahuan yang harus dikuasai sebelumnya adalah TIK.OPO2.003.01 – Mengoperasikan sistem operasi.
Petunjuk Penggunaan ModulUntuk Peserta Didik.Pemelajaran yang dilaksanakan
Mempergunakan perangkat keras dan perangkat lunak untuk memindai dokumen dan gambar
Prasyarat
Untuk mempelajari modul ini, maka unit kompetensi dan pengetahuan yang harus dikuasai sebelumnya adalah TIK.OPO2.003.01 – Mengoperasikan sistem operasi.
Petunjuk Penggunaan ModulUntuk Peserta Didik.Pemelajaran yang dilaksanakan
Makalah Komputer
Makalah Komputer ini berisikan tentang Mengidentifikasi Dan Mengoperasikan Komputer Personal yang akan membantu anda dalam mengoperasi komputer personal tidak hanya itu saja, modul/ makalah ini juga membantu anda mengidentifikasi gejala yang ada
Ruang lingkup isi :
Mengidentifikasi komponen sistem komputer tingkat dasar (PC)
Mengoperasikan komputer personal yang berdiri sendiri (PC
Selasa, 14 Desember 2010
Pengamatan Kualitas Susu
Susu merupakan salah satu pangan yang tinggi kandungan gizinya, bila ditinjau dari kandungan protein, lemak, mineral dan beberapa vitamin. Dalam memenuhi kebutuhan protein, terutama pada kasus penderita gizi buruk, susu merupakan pilihan pertama. Sehingga ketersediaan susu perlu diperhatikan untuk memenuhi angka kecukupan gizi yang dianjurkan.
Akan tetapi, susu juga merupakan media yang baik
Akan tetapi, susu juga merupakan media yang baik
Senin, 13 Desember 2010
Perkembangan Ilmu Administrasi dan Manajemen
Perkembangan Ilmu Administrasi dan Manajemen, Dalam dunia pendidikan di indonesia, bidang studi administrasi pendidikan boleh dikatakan masih baru. Di negara-negara yang sudah maju, mulai berkembang dengan pesat sejak pertengahan pertama abad ke-20, terutama sejak berakhirnya dunia kedua, khususnya di negara kita indonesia, administrasi pendidikan baru di pekenalkan melalui beberapa ikip sejak
Manajemen Sekolah
Manajemen Komponen-Komponen Pendidikan
1. Manajemen Kesiswaan
Penerimaan siswa baru pada sekolah inklusi hendaknya memberi kesempatan dan peluang kepada anak luar biasa untuk dapat diterima dan mengikuti pendidikan di sekolah inklusi terdekat. Untuk tahap awal, agar memudahkan pengelolaan kelas, seyogianya setiap kelas inklusi dibatasi tidak lebih dari 2 (dua) jenis anak luar biasa, dan jumlah
1. Manajemen Kesiswaan
Penerimaan siswa baru pada sekolah inklusi hendaknya memberi kesempatan dan peluang kepada anak luar biasa untuk dapat diterima dan mengikuti pendidikan di sekolah inklusi terdekat. Untuk tahap awal, agar memudahkan pengelolaan kelas, seyogianya setiap kelas inklusi dibatasi tidak lebih dari 2 (dua) jenis anak luar biasa, dan jumlah
Minggu, 12 Desember 2010
Teori Belajar
Teori belajar merupakan proses dimana dalam proses belajar menghasilkan pengajaran yang baik, manjemen yang baik dengan menggunakan teori belajar yang disukai
BEBERAPA TEORI-TEORI BELAJAR:Teori belajar Skinner “Operant Conditioning”
Teori Belajar Conditining of Learning, Robert M. Gagne
Teori Belajar Perkekmembangan Kognitif Jean Piaget
Teori Belajar Sosial Albert Bandura
Teori Belajar Orang
BEBERAPA TEORI-TEORI BELAJAR:Teori belajar Skinner “Operant Conditioning”
Teori Belajar Conditining of Learning, Robert M. Gagne
Teori Belajar Perkekmembangan Kognitif Jean Piaget
Teori Belajar Sosial Albert Bandura
Teori Belajar Orang
Rabu, 08 Desember 2010
Mengelola Informasi
Mengelola Informasi yaitu merupakan:
Pengelolaan Informasi.
Mengidentifikasi aspek kode etik dan HAKI di bidang TIK.
Mendeskripsikan Kewaspadaan terhadap keamanan informasi.
Pemahaman akan kode etik dan Hak atas Kekayaan Intelektual ( HAKI ) yang berlaku di dunia Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).
Konsep keamanan informasi.
Software Aplikasi Lembar sebar, Pengolah kata dan Portable
Sabtu, 04 Desember 2010
Cara Untuk Berhenti Merokok
Usaha untuk melepaskan diri dari merokok harus datang dari kemauan sendiri, setelah menyadari bahwa merokok dapat merusak kesehatan diri dan sekitar.
Kemauan ini harus didukung oleh tekad yang kuat, yang dapat di perkuat dengan sering mengucapkan: " saya bertekad untuk tidak merokok lagi ".
Usaha untuk menghentikan merokok, sebaiknya jangan dilakukan setahap demi setahap, melainkan dilakukan
Kemauan ini harus didukung oleh tekad yang kuat, yang dapat di perkuat dengan sering mengucapkan: " saya bertekad untuk tidak merokok lagi ".
Usaha untuk menghentikan merokok, sebaiknya jangan dilakukan setahap demi setahap, melainkan dilakukan
Karies Gigi
Apa Karies Gigi itu ?
Karies gigi adalah penyakit jaringan keras gigi yang ditandai dengan mulainya kerusakan pada lapisan email gigi.
Apa penyebab Karies gigi ?
Asam tyang terbentuk dari sisa-sisa makanan yang ditumbuhi oleh bakteri pada gigi - gigi yang tidak di bersihkan.
Apakah Gejalanya ?
Adanya bercak putih/hitam pada permukaan gigi tanpa ada rasa sakit.
Adanya rasa sakit pada gigi bila
Karies gigi adalah penyakit jaringan keras gigi yang ditandai dengan mulainya kerusakan pada lapisan email gigi.
Apa penyebab Karies gigi ?
Asam tyang terbentuk dari sisa-sisa makanan yang ditumbuhi oleh bakteri pada gigi - gigi yang tidak di bersihkan.
Apakah Gejalanya ?
Adanya bercak putih/hitam pada permukaan gigi tanpa ada rasa sakit.
Adanya rasa sakit pada gigi bila
Kamis, 02 Desember 2010
Tafsir Tarbiyah QS. AL IMRAN AYAT 79-80
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Anda tentu memahami tentang ilmu tafsir dimana ilmu ini menafsirkan ayat al-Qur’an berdasarkan dalil aqli dan naqli. Di dalam al-Qur’an banyak sekali ayat-ayat yang menjelaskan masalah hukum, sosial, ekonomi bahkan sampai kepada pendidikan sehingga selayaknya manusia harus berpedoman pada al-qur’an dan hadist karena hadist juga menjadi dukungan al-qur’an.
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Anda tentu memahami tentang ilmu tafsir dimana ilmu ini menafsirkan ayat al-Qur’an berdasarkan dalil aqli dan naqli. Di dalam al-Qur’an banyak sekali ayat-ayat yang menjelaskan masalah hukum, sosial, ekonomi bahkan sampai kepada pendidikan sehingga selayaknya manusia harus berpedoman pada al-qur’an dan hadist karena hadist juga menjadi dukungan al-qur’an.
Latar Belakang Aliran Al-Asy’ariyah
Nama lengkap Al-asy’ari adalah Abu Al-hasan Ali bin Ismail bin Ishak bin Salim bin Ismail bin Abdullah bin Musa bin Bilal bin Abi Burdah bin Abi Musa Al-Asy’ari. Menurutgalk beberapa riwayat, Al-asy’ari lahir di Bashrah pada tahun 260 H / 875 M. ketika berusia lebih dari 40 tahun, ia hijrah ke kota Baghdad dan wafat disana pada tahun 324 H / 935 M.
Menurut ibnu Asakir, ayah Al-Asy’ari adalah
Menurut ibnu Asakir, ayah Al-Asy’ari adalah
Doktrin-doktrin Al-Asy’ariyah
Formulasi pemikiran Al-asy’ariyah, secara esensial, menampilkan sebuah upaya sintesis antara formulasi ortodoks ekstrim di satu sisi dan Mu’tazillah di sisi lain. Corak pemikiran yang sintesis ini, menurut watt, barangkali dipengaruhi teologi kullabiah (teologi sunni yang dipelopori Ibn kullab).
Pemikiran-pemikiran Al-asy’ariyah yang terpenting adalah berikut ini.
a. Tuhan dan sifat-sifatnya
Pemikiran-pemikiran Al-asy’ariyah yang terpenting adalah berikut ini.
a. Tuhan dan sifat-sifatnya
Paham-paham Al-Asy’ariyah
1. Corak Pemikiran Asy’ariyah
Asy’ari adalah orang yang pernah menganut paham mu’tazilah, tidak menjauhkan diri dari pemakaian akal pikiran dan argumentasi fikiran. Ia menentang dengan kerasnya mereka yang mengatakan bahwa pemakaian akal fikiran dalam masalah Agama atau membahas tentang yang tidak pernah disinggung Rasul adalah salah. Selain itu juga ia mengingkari orang-orang yang
Tokoh Aliran Al-Asy’ariah
Jikalau Al-Asy’ari merupakan pemuka yang pertama membentuk aliran yang kemudian memakai namanya, maka pemuka-pemuka yang memperkembangkan aliran ini adalah tokoh-tokoh besar yang mempunyai andil dalam menyebarluaskan dan memperkuat mazhab ini. Diantara pengikut yang terpenting adalah:
1. Muhammad Iba Al-Tayyib ibn Muhammad Abu Bakar Al- Baqillani (403 H)
Abu Bakar Al-Baqillani adalah
Rabu, 01 Desember 2010
Persamaan dan Pertidaksamaan Kuadrat
Persamaan kuadrat adalah suatu persamaan kuadrat yang pangkat tertinggi adalah dua (2).
Bentuk umum persamaan kuadrat adalah ax2 + bx + c = 0, dengan a, b, c himpunan bilangan real dan a ≠ 0
Persamaan kuadrat dapat diselesaikan dengan cara :
a. Memfaktorkan
b. Melengkapkan bentuk kuadrat
c.
Bentuk umum persamaan kuadrat adalah ax2 + bx + c = 0, dengan a, b, c himpunan bilangan real dan a ≠ 0
Persamaan kuadrat dapat diselesaikan dengan cara :
a. Memfaktorkan
b. Melengkapkan bentuk kuadrat
c.
Keunggulan dan Kelemahan Quantum Learning
KEUNGGULAN :
Pembelajaran kuantum berpangkal pada psikologi kognitif, bukan fisika kuantum meskipun serba sedikit istilah dan konsep kuantum dipakai.
Pembelajaran kuantum lebih bersifat humanistis, bukan positivistis-empiris, “hewan-istis”, dan atau nativistis.
Pembelajaran kuantum lebih konstruktivis(tis), bukan positivistis-empiris, behavioristis.
Pembelajaran kuantum memusatkan perhatian pada
Pembelajaran kuantum berpangkal pada psikologi kognitif, bukan fisika kuantum meskipun serba sedikit istilah dan konsep kuantum dipakai.
Pembelajaran kuantum lebih bersifat humanistis, bukan positivistis-empiris, “hewan-istis”, dan atau nativistis.
Pembelajaran kuantum lebih konstruktivis(tis), bukan positivistis-empiris, behavioristis.
Pembelajaran kuantum memusatkan perhatian pada
Paradigma Pembelajaran Quantum Learning
Agar proses pembelajaran dapat dilakasanakan dengan efektif dan efisien ada beberapa paradigma yang harus dianut oleh pendidik dan peserta didik, yaitu :
“Setiap orang, adalah guru dan sekaligus murid sehingga bisa saling berfungsi sebagai fasilitator”.
Umumnya orang belajar dengan efektif jika dilakukan dalam suasana yang menyenangkan, lingkungan dan suasana yang tidak terlalu formal, penataan
“Setiap orang, adalah guru dan sekaligus murid sehingga bisa saling berfungsi sebagai fasilitator”.
Umumnya orang belajar dengan efektif jika dilakukan dalam suasana yang menyenangkan, lingkungan dan suasana yang tidak terlalu formal, penataan
Prinsip Quantum Learning
Prinsip utama pembelajaran kuantum berbunyi: Bawalah Dunia Mereka (Pembelajar) ke dalam Dunia Kita (Pengajar), dan Antarkan Dunia Kita (Pengajar) ke dalam Dunia Mereka (Pembelajar).
Dalam pembelajaran kuantum juga berlaku prinsip bahwa proses pembelajaran merupakan permainan orchestra simfoni.
Prinsip-prinsip dasar ini ada lima macam berikut ini :
1. Ketahuilah bahwa segalanya berbicara
Dalam pembelajaran kuantum juga berlaku prinsip bahwa proses pembelajaran merupakan permainan orchestra simfoni.
Prinsip-prinsip dasar ini ada lima macam berikut ini :
1. Ketahuilah bahwa segalanya berbicara
Langkah-langkah Menerapkan Quantum Learning
Adapun langkah-langkah yang dapat diterapkan dalam pembelajaran melalui konsep Quantum Lerning dengan cara:
1) Kekuatan Ambak
Ambak adalah motivasi yang didapat dari pemilihan secara mental antara manfaat dan akibat-akibat suatu keputusan (De Potter dan Hernacki 2001: 49). Motivasi sangat diperlukan dalam belajar karena dengan adanya motivasi maka keinginan untuk belajar akan selalu ada. Pada
1) Kekuatan Ambak
Ambak adalah motivasi yang didapat dari pemilihan secara mental antara manfaat dan akibat-akibat suatu keputusan (De Potter dan Hernacki 2001: 49). Motivasi sangat diperlukan dalam belajar karena dengan adanya motivasi maka keinginan untuk belajar akan selalu ada. Pada
Penerapan Quantum Learning Dalam Pembelajaran
Dalam kegiatan belajar di kelas, “Quantum Learning” menggunakan berbagai macam metode ceramah, tanya jawab, diskusi, demonstrasi, kerja kelompok, eksperimen, dan metode pemberian tugas. Menurut Surachmad dalam Sunaryo (2001: 3), metode ceramah bermanfaat untuk mengetahui fakta yang sudah diajarkan dan proses pemikiran yang telah diketahui serta untuk merangsang siswa agar mempunyai keberanian
Karakteristik Quantum Learning
Dalam rangka pemantapan proses pembelajaran quantum learning perlu dipelajari karakteristik sebagai berikut :Pembelajaran quantum berpangkal pada psikologi kognitif, bukan fisika quantum.
Dalam quantum lebih manusiawi individu menjadi pusat perhatiannya potensi diri, kemampuan berfikir, motivasi dan sebagainya diyakini dapat berkembang secara maksimal.
Pembelajaran quantum lebih bersifat
Dalam quantum lebih manusiawi individu menjadi pusat perhatiannya potensi diri, kemampuan berfikir, motivasi dan sebagainya diyakini dapat berkembang secara maksimal.
Pembelajaran quantum lebih bersifat
Langganan:
Postingan (Atom)