Kamis, 30 Desember 2010

Kepemimpinan Orang Tua

Kepemimpinan Orang Tua Dalam hal ini akan diuraikan secara berturut-turut tentang (1) pengertian kepemimpinan orang tua, (2) timbulnya kepemimpinan, dan (3) tipe dan ciri-ciri kepemimpinan orang tua. 
Kepemimpinan orang tua terdiri dari dua kata yaitu kepemimpinan dan orang tua. Untuk lebih jelasnya berikut ini akan diuraikan masing-masing istilah tersebut akan digabung menjadi satu kesatuan.

Mau aplikasi BUANYAK ? Langsung Aja Ke AppZone.Telkomsel.com






Kali ini saya tidak menulis seperti biasanya, maksudnya saya tidak menulis perangkat mengajar, skripsi, tentang teori biologi maupun kewarganegaraan dan lain sebagainya.



Ada hal menarik yang perlu anda tahu di dunia pendidikan, tidak hanya dunia pendidikan saja ada beberapa yang di tawarkan oleh AppZone.Telkomsel.com seperti bidang agama olahraga, game, gaya hidup, buku dan masih banyak

Rabu, 22 Desember 2010

Ujian Akhir Nasional (UAN)

Pengertian Ujian Akhir Nasional
Ujian Akhir Nasional (UAN) adalah salah satu kegiatan yang dilakukan oleh Dinas Instansi terkait untuk menentukan lulus tidaknya semua peserta didik baik dari SD/MI, SMP/MTs. MA/SMU/SMK  yang standar kelulusannya sudah ditentukan oleh BSNP.


Deregulasi Pendidikan Nasional
Deregulasi pendidikan merupakan gagasan pokok yang terkandung dalam peraturan

Kedisiplinan Belajar Siswa

Pengertian Kedisiplinan Belajar.
Arti disiplin bila dilihat dari segi bahasanya adalah latihan ingatan dan watak untuk menciptakan pengawasan (kontrol diri), atau kebiasaan mematuhi ketentuan dan perintah. Jadi arti disiplin secara lengkap adalah kesadaran untuk melakukan sesuatu pekerjaan dengan tertib dan teratur sesuai dengan peraturan-peraturan yang berlaku dengan penuh tanggung jawab tampa

Pendekatan Matematika Realistik (PMR)


Pengertian Matematika Realistik


Matematika Realistik (MR) adalah matematika yang disajikan sebagai suatu proses kegiatan manusia, bukan sebagai produk jadi. Bahan pelajaran yang disajikan melalui bahan cerita yang sesuai dengan lingkungan siswa (kontekstual) (Zigma Edisi, 14, 12 Oktober 2007)



Sedangkan pendapat lain mengatakan bahwa Realistic Mathematics Education (PMR) merupakan teori

Selasa, 21 Desember 2010

Model Torso

Model  Torso - Mata pelajaran IPA Biologi di SMP mempelajari pola-pola interaksi komponen-komponen yang ada di dalam serta upaya manusia untuk mempertahankan keberadaanya di bumi. Materi IPA di SMP yang sangat kompleks, cenderung abstrak dan begitu dekat dengan kehidupan siswa, menuntut gambaran yang kongkrit serta pengalaman langsung melalui pengamatan, penguraian dan penggolongan objek dengan

Pembelajaran Biologi

Pembelajaran Biologi
Pembelajaran pada hakekatnya adalah proses interaksi antara peserta didik dengan lingkungannya, sehingga terjadi perubahan perilaku ke arah yang lebih baik. Dalam interaksi tersebut banyak sekali faktor yang mempengaruhinya, baik faktor internal yang datang dari dalam diri individu maupun faktor eksternal yang datang dari lingkungan.

Rekayasa pembelajaran guru dan tindak

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Biologi

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Biologi  
a.    Faktor InternDapat berupa intelegensi, perhatian, bakat, minat, motivasi, kematangan, kesiapan.
(1)    PerhatianMenurut Al-Ghazali (2001) dalam Slameto (2003) bahwa perhatian adalah keaktifan jiwa yang dipertinggi jiwa itupun bertujuan semata-mata kepada suatu benda atau hal (objek) atau sekumpulan obyek.

(2)    Bakat
Menurut

Jual Beli Yang Legal Dalam Hukum Islam

A.    Latar Belakang
     Allah SWT  telah menjadikan manusia masing-masing saling membutuhkan satu sama lain, supaya mereka saling tolong menolong, tukar menukar keeperluan dalam segala urusan kepentingan hidup masing-masing, baik dengan jalan jual-beli, sewa-menyewa, bercocok tanam, atau perusahaan dan lain-lain.

Dalam aktivitas sehari-hari, kita banyak melakukan banyak aktivitas muamalah

Kamis, 16 Desember 2010

RPP dan Silabus PKN SD

RPP dan Silabus PKN SD, berikut RPP dan Silabusnya


RPP :

RPP PKN Kelas 1
RPP PKN Kelas 2
RPP PKN Kelas 3
RPP PKN Kelas 4
RPP PKN Kelas 5
RPP PKN Kelas 6



Silabus :


Silabus PKN Kelas 1
Silabus PKN Kelas 2
Silabus PKN Kelas 3
Silabus PKN Kelas 4
Silabus PKN Kelas 5 
Silabus PKN Kelas 6

RPP dan Silabus Penjaskes SD

RPP dan Silabus Penjaskes SD, berikut RPP dan Silabusnya:


RPP

RPP Penjaskes Kelas 1
RPP Penjaskes Kelas 2
RPP Penjaskes Kelas 3
RPP Penjaskes Kelas 4
RPP Penjaskes Kelas 5
RPP Penjaskes Kelas 6



Silabus :

Silabus Penjaskes Kelas 1
Silabus Penjaskes Kelas 2
Silabus Penjaskes Kelas 3
Silabus Penjaskes Kelas 4
Silabus Penjaskes Kelas 5
Silabus Penjaskes Kelas 6

RPP dan Silabus IPS SD

RPP dan Silabus IPS SD berikut RPP dan silabusnya:


RPP:


RPP IPS Kelas 1,2,3
RPP IPS Kelas 4
RPP IPS Kelas 5
RPP IPS Kelas 6




Silabus :


Silabus IPS Kelas 1,2,3
Silabus IPS Kelas 4
Silabus IPS Kelas 5
Silabus IPS Kelas 6

RPP dan Silabus IPA SD

RPP dan Silabus IPA SD, berikut RPP dan Silabusnya :


RPP


RPP IPA SD Kelas 1
RPP IPA SD Kelas 2  
RPP IPA SD Kelas 3 
RPP IPA SD Kelas 4  
RPP IPA SD Kelas 5 
RPP IPA SD Kelas 6  



Silabus

Silabus IPA SD Kelas 1 
Silabus IPA SD Kelas 2
Silabus IPA SD Kelas 3
Silabus IPA SD Kelas 4
Silabus IPA SD Kelas 5
Silabus IPA SD Kelas 6

RPP dan Silabus Bahasa Indonesia SD

 RPP dan Silabus Bahasa Indonesia SD berikut RPP dan Silabusnya :


RPP :

 RPP Bahasa Indonesia Kelas 1A
 RPP Bahasa Indonesia Kelas 1B
 RPP Bahasa Indonesia Kelas 2A
 RPP Bahasa Indonesia Kelas 2B
 RPP Bahasa Indonesia Kelas 3A

 RPP Bahasa Indonesia Kelas 3B
 RPP Bahasa Indonesia Kelas 4A
 RPP Bahasa Indonesia Kelas 4B
 RPP Bahasa Indonesia Kelas 5A
 RPP Bahasa Indonesia Kelas 5B
 RPP Bahasa

RPP dan Silabus Bahasa Inggris SD

RPP dan Silabus Bahasa Inggris SD, berikut RPP dan Silabusnya :


RPP:



RPP Bahasa Inggris Kelas 1
RPP Bahasa Inggris Kelas 2 
RPP Bahasa Inggris Kelas 3
RPP Bahasa Inggris Kelas 4 
RPP Bahasa Inggris Kelas 5 
RPP Bahasa Inggris Kelas 6 







Silabus : 



Silabus Bahasa Inggris Kelas 1
Silabus Bahasa Inggris Kelas 2
Silabus Bahasa Inggris Kelas 3
Silabus Bahasa Inggris Kelas 4
Silabus

Rabu, 15 Desember 2010

Tutorial Microsoft Access

Tutorial Microsoft Access ini membahas tentang cara penggunaan Microsoft Access, melakukan update data serta memplajari Prosedur pengoperasian  untuk memasuki program Microsoft Access dan masih banyak yang bisa di dapatkan dari tutorial ini
Ruang Lingkup Isi    :    Software Aplikasi memakai Microsoft AccessProsedur pengoperasian  untuk memasuki program Microsoft Access
Mempersiapkan aplikasi

Makalah Power Point


Makalah Power Point ini berisikan tentang cara instalasi Power Point, bagaimana memulai powerpoint, serta membahs secara detail apa yang terdapat pada power point sebagaimana bisa di gunakan untuk persentasi.



Ruang lingkup isi    :    •    Dasar-dasar software presentasi (Power Point)

Instalasi software presentasi (Powerpoint)
Memulai Powerpoint
Create slide, save, open, save as, insert,

Mengoperasikan Perangkat Lunak Lembar Sebar


Ruang lingkup isi    :    



Mempersiapkan perangkat  lunak lembar sebar (Contoh:Ms.Excel,OpenOffice.org Calc)
Mengenali menu lembar sebar
Mengelola dokumen (membuat, membuka, menyalin)
Melakukan editing sederhana lembar sebar meliputi mengetik, memformat (font,alignment, data dan presisi).
Melakukan editing kolom dan baris (menentukan lebar, tinggi, border dan shading)
Menjalankan fitur-fitur

Makalah Microsoft Word

Makalah Microsoft Word  ini berisikan tentang pengajaran pada peserta didik agar lebih lancar dalam mengoperasikan perangkat lunak pengolah kata demi medukung arus globalisasi

Ruang lingkup isi    :    •    Mengoperasikan Perangkat Lunak Pengolah KataMempersiapkan Perangkat Lunak Pengolah Kata
Mengenali menu, membuat, membuka, menyimpan dan menutup dokumen
Melakukan editing sederhana, isian

Mengoperasikan Periferal

Ruang lingkup isi    :    Operasional Periferal Mengoperasikan Printer
Mempergunakan perangkat keras dan perangkat lunak untuk memindai dokumen dan gambar

Prasyarat

Untuk mempelajari modul ini, maka unit kompetensi dan pengetahuan yang harus dikuasai sebelumnya adalah  TIK.OPO2.003.01 – Mengoperasikan sistem operasi.

Petunjuk Penggunaan ModulUntuk Peserta Didik.Pemelajaran yang dilaksanakan

Makalah Komputer


Makalah Komputer ini berisikan tentang Mengidentifikasi Dan Mengoperasikan Komputer Personal  yang akan membantu anda dalam mengoperasi komputer personal tidak hanya itu saja, modul/ makalah ini juga membantu anda mengidentifikasi gejala yang ada





Ruang lingkup isi    : 

Mengidentifikasi komponen  sistem komputer tingkat dasar (PC)
Mengoperasikan komputer  personal yang berdiri sendiri (PC

Selasa, 14 Desember 2010

Pengamatan Kualitas Susu

Susu merupakan salah satu pangan yang tinggi kandungan gizinya, bila ditinjau dari kandungan protein, lemak, mineral dan beberapa vitamin. Dalam memenuhi kebutuhan protein, terutama pada kasus penderita gizi buruk, susu merupakan pilihan pertama. Sehingga ketersediaan susu perlu diperhatikan untuk memenuhi angka kecukupan gizi yang dianjurkan.
Akan tetapi, susu juga merupakan media yang baik

Senin, 13 Desember 2010

Perkembangan Ilmu Administrasi dan Manajemen

Perkembangan Ilmu Administrasi dan Manajemen, Dalam dunia pendidikan di indonesia, bidang studi administrasi pendidikan boleh dikatakan masih baru. Di negara-negara yang sudah maju, mulai berkembang dengan pesat sejak pertengahan  pertama abad ke-20, terutama sejak berakhirnya dunia kedua, khususnya di negara kita indonesia, administrasi pendidikan baru di pekenalkan melalui beberapa ikip sejak

Manajemen Sekolah

Manajemen Komponen-Komponen Pendidikan

1. Manajemen Kesiswaan

Penerimaan siswa baru pada sekolah inklusi hendaknya memberi kesempatan dan peluang kepada anak luar biasa untuk dapat diterima dan mengikuti pendidikan di sekolah inklusi terdekat. Untuk tahap awal, agar memudahkan pengelolaan kelas, seyogianya setiap kelas inklusi dibatasi tidak lebih dari 2 (dua) jenis anak luar biasa, dan jumlah

Minggu, 12 Desember 2010

Teori Belajar

Teori belajar merupakan proses dimana dalam proses belajar menghasilkan pengajaran yang baik, manjemen yang baik dengan menggunakan teori belajar yang disukai
BEBERAPA TEORI-TEORI BELAJAR:Teori belajar Skinner “Operant Conditioning”
Teori Belajar Conditining of Learning, Robert M. Gagne
Teori Belajar Perkekmembangan Kognitif Jean Piaget
Teori Belajar Sosial Albert Bandura
Teori Belajar Orang

Rabu, 08 Desember 2010

Mengelola Informasi


Mengelola Informasi  yaitu merupakan:

Pengelolaan Informasi.
Mengidentifikasi aspek kode etik dan HAKI di bidang  TIK.
Mendeskripsikan Kewaspadaan terhadap keamanan informasi.
Pemahaman akan kode etik dan Hak atas Kekayaan Intelektual ( HAKI ) yang berlaku di dunia Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).
Konsep keamanan informasi.
Software Aplikasi Lembar sebar, Pengolah kata dan Portable

Sabtu, 04 Desember 2010

Cara Untuk Berhenti Merokok

Usaha untuk melepaskan diri dari merokok harus datang dari kemauan sendiri, setelah menyadari bahwa merokok dapat merusak kesehatan diri dan sekitar.

Kemauan ini harus didukung oleh tekad yang kuat,  yang dapat di perkuat dengan sering mengucapkan: " saya bertekad untuk tidak merokok lagi ".

Usaha untuk menghentikan merokok, sebaiknya jangan dilakukan setahap demi setahap, melainkan dilakukan

Karies Gigi

Apa Karies Gigi itu ?
Karies gigi adalah penyakit jaringan keras gigi yang ditandai dengan mulainya kerusakan pada lapisan email gigi.

Apa penyebab Karies gigi ?
Asam tyang terbentuk dari sisa-sisa makanan yang ditumbuhi oleh bakteri pada gigi - gigi yang tidak di bersihkan.


Apakah Gejalanya ?
Adanya bercak putih/hitam pada permukaan gigi tanpa ada rasa sakit.
Adanya rasa sakit pada gigi bila

Kamis, 02 Desember 2010

Tafsir Tarbiyah QS. AL IMRAN AYAT 79-80

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Anda tentu memahami tentang ilmu tafsir dimana ilmu ini menafsirkan ayat al-Qur’an berdasarkan dalil aqli dan naqli. Di dalam al-Qur’an banyak sekali ayat-ayat yang menjelaskan masalah hukum, sosial, ekonomi bahkan sampai kepada pendidikan sehingga selayaknya manusia harus berpedoman pada al-qur’an dan hadist karena hadist juga menjadi dukungan al-qur’an.

Latar Belakang Aliran Al-Asy’ariyah

Nama lengkap Al-asy’ari adalah Abu Al-hasan Ali bin Ismail bin Ishak bin Salim bin Ismail bin Abdullah bin Musa bin Bilal bin Abi Burdah bin Abi Musa Al-Asy’ari. Menurutgalk beberapa riwayat, Al-asy’ari lahir di Bashrah pada tahun 260 H / 875 M. ketika berusia lebih dari 40 tahun, ia hijrah ke kota Baghdad dan wafat disana pada tahun 324 H / 935 M.

Menurut ibnu Asakir, ayah Al-Asy’ari adalah

Doktrin-doktrin Al-Asy’ariyah

Formulasi pemikiran Al-asy’ariyah, secara esensial, menampilkan sebuah upaya sintesis antara formulasi ortodoks ekstrim di satu sisi dan Mu’tazillah di sisi lain. Corak pemikiran yang sintesis ini, menurut watt, barangkali dipengaruhi teologi kullabiah (teologi sunni yang dipelopori Ibn kullab).

Pemikiran-pemikiran Al-asy’ariyah yang terpenting adalah berikut ini.
a.    Tuhan dan sifat-sifatnya

Paham-paham Al-Asy’ariyah


1.    Corak Pemikiran Asy’ariyah
Asy’ari adalah orang yang pernah menganut paham mu’tazilah, tidak menjauhkan diri dari pemakaian akal pikiran dan argumentasi fikiran. Ia menentang dengan kerasnya mereka yang mengatakan bahwa pemakaian akal fikiran dalam masalah Agama atau membahas tentang yang tidak pernah disinggung Rasul adalah salah. Selain itu juga ia mengingkari orang-orang yang

Tokoh Aliran Al-Asy’ariah


Jikalau Al-Asy’ari merupakan pemuka yang pertama membentuk aliran yang kemudian memakai namanya, maka pemuka-pemuka yang memperkembangkan aliran ini adalah tokoh-tokoh besar yang mempunyai andil dalam menyebarluaskan dan memperkuat mazhab ini. Diantara pengikut yang terpenting adalah:

1.    Muhammad Iba Al-Tayyib ibn Muhammad Abu Bakar Al- Baqillani (403 H)
Abu Bakar Al-Baqillani adalah

Rabu, 01 Desember 2010

Persamaan dan Pertidaksamaan Kuadrat

Persamaan kuadrat adalah suatu persamaan kuadrat yang pangkat tertinggi adalah dua (2).
Bentuk umum persamaan kuadrat adalah ax2 + bx + c = 0, dengan a, b, c   himpunan bilangan real dan a ≠ 0
Persamaan kuadrat dapat diselesaikan dengan cara :
a.    Memfaktorkan
b.    Melengkapkan bentuk kuadrat
c.

Keunggulan dan Kelemahan Quantum Learning

KEUNGGULAN :
Pembelajaran kuantum berpangkal pada psikologi kognitif, bukan fisika kuantum meskipun serba sedikit istilah dan konsep kuantum dipakai.
Pembelajaran kuantum lebih bersifat humanistis, bukan positivistis-empiris, “hewan-istis”, dan atau nativistis.
Pembelajaran kuantum lebih konstruktivis(tis), bukan positivistis-empiris, behavioristis.
Pembelajaran kuantum memusatkan perhatian pada

Paradigma Pembelajaran Quantum Learning

Agar proses pembelajaran dapat dilakasanakan dengan efektif dan efisien ada beberapa paradigma yang harus dianut oleh pendidik dan peserta didik, yaitu :
 “Setiap orang, adalah guru dan sekaligus murid sehingga bisa saling berfungsi sebagai fasilitator”.
Umumnya orang belajar dengan efektif  jika dilakukan dalam suasana yang menyenangkan, lingkungan dan suasana yang tidak terlalu formal, penataan

Prinsip Quantum Learning

Prinsip utama pembelajaran kuantum berbunyi: Bawalah Dunia Mereka (Pembelajar) ke dalam Dunia Kita (Pengajar), dan Antarkan Dunia Kita (Pengajar) ke dalam Dunia Mereka (Pembelajar).
Dalam pembelajaran kuantum juga berlaku prinsip bahwa proses pembelajaran merupakan permainan orchestra simfoni.


Prinsip-prinsip dasar ini ada lima macam berikut ini :
1.    Ketahuilah bahwa segalanya berbicara

Langkah-langkah Menerapkan Quantum Learning

Adapun langkah-langkah yang dapat diterapkan dalam pembelajaran melalui konsep Quantum Lerning dengan cara:

1) Kekuatan Ambak
Ambak adalah motivasi yang didapat dari pemilihan secara mental antara manfaat dan akibat-akibat suatu keputusan (De Potter dan Hernacki 2001: 49). Motivasi sangat diperlukan dalam belajar karena dengan adanya motivasi maka keinginan untuk belajar akan selalu ada. Pada

Penerapan Quantum Learning Dalam Pembelajaran

Dalam kegiatan belajar di kelas, “Quantum Learning” menggunakan berbagai macam metode ceramah, tanya jawab, diskusi, demonstrasi, kerja kelompok, eksperimen, dan metode pemberian tugas. Menurut Surachmad dalam Sunaryo (2001: 3), metode ceramah bermanfaat untuk mengetahui fakta yang sudah diajarkan dan proses pemikiran yang telah diketahui serta untuk merangsang siswa agar mempunyai keberanian

Karakteristik Quantum Learning

Dalam rangka pemantapan proses pembelajaran quantum learning perlu dipelajari karakteristik sebagai berikut :Pembelajaran quantum berpangkal pada psikologi kognitif, bukan fisika quantum.
Dalam quantum lebih manusiawi individu menjadi pusat perhatiannya potensi diri, kemampuan berfikir, motivasi dan sebagainya diyakini dapat berkembang secara maksimal.
Pembelajaran quantum lebih bersifat